Berita  

Biaya Perpisahan SMP Negeri 1 Cicantayan, Terindikasi Syarat Pungli

 

SUKABUMI.JURNALNETWORK.ID – Mengingat surat edaran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 14 tahun 2023 tentang kegiatan wisuda pada satuan pendidikan anak usia dini, satuan Pendidikan jenjang pendidikan dasar, dan satuan Pendidikan jenjang pendidikan menengah.

Surat edaran tersebut tertuju untuk kepala Dinas provinsi, Kepala Dinas Kabupaten/Kota dan Kepala Satuan pendidikan seluruh Indonesia,himbauan nya sangat begitu jelas, untuk wilayah kerjanya tidak dijadikan kegiatan wisuda sebagai kegiatan yang bersifat wajib dan pelaksanaan kegiatan wisuda/perpisahan tidak boleh membebani orang tua/wali peserta didik.

Keterlibatan Komite Sekolah dan orang tua/wali peserta didik harus sesuai aturan yang di diamanatkan dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah.

Namun, surat edaran Menteri Pendidikan,Kebudayaan,Riset dan Teknologi itu, sepertinya tidak diindahkan dan seolah-olah tidak berlaku bagi para penyelenggara satuan pendidikan dasar dan menengah di wilayah Sukabumi. Bahkan dinas terkait pun terkesan tutup mata.

Terbukti, Pelaksanaan Perpisahan SMP Negeri 1 Cicantayan yang di laksanakan di gedung PCNU Jl. kadupugur, desa cijalingan, kabupaten sukabumi, Untuk biaya di bebankan ke pada orang tua/ wali murid. Senin (10/06/2024).

Baca Juga :  Mengaku Berpangkat AKBP dari BIN, Alex diciduk oleh Intel Kodim

Berdasarkan pengakuan orang tua siswa yang enggan di publish namanya saat di wawancara di lokasi perpisahan,menyampaikan untuk biaya perpisahan orang tua siswa kelas 9,di bebankan sebesar 375.000 termasuk untuk biaya bayar ujian.

“Biaya perpisahan yang di bebankan kepada orang tua siswa kelas 9,sebesar 375.000 berikut untuk bayar ujian, secara rinciannya tidak tahu, hanya informasi langsung dari pihak sekolah”ucapnya.

Lanjutnya, untuk kelas 7 dan 8 diminta harus ikut Berpartisipasi dalam acara kegiatan perpisahan ini dengan dipungut biaya 75,000 kelas 7, 100.000 kelas 8.

Ironis,Ketua komite SMP Negeri 1 Cicantayan,Zaenal saat di konfirmasi menyampaikan pihak nya tidak pernah di libatkan dalam kepanitiaan oleh pihak sekolah.

“Saya selaku ketua komite sekolah tidak tau menau terkait besarnya biaya yang di bebankan kepada orang tua siswa dan tidak dilibatkan dalam agenda kepanitiaan untuk perpisahan sekolah” terang komite

Rencana anggaran biaya untuk sewa gedung dan konsumsi saya tidak tau berapa besarannya, hanya yang saya tau untuk sewa gedung gratis cuma memberikan untuk biaya kebersihan saja.ungkapnya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Cisaat dan Babinsa Koramil Cisaat Bersinergi Sambang Ke masyarakat

Tambahnya. Partisipasi untuk kelas 7 dan 8, dengan nilai 75.000 kelas 7 dan 100.000 kelas 8, zaenal mengaku sebelumnya tidak pernah di musyawarah kan terlebih dahulu.

“Kelas 7 dan 8 dipungut biaya untuk partisipasi dalam acara perpisahan kelas 9, sebelumnya tidak pernah di rapatkan dan tidak ada tembusan dari pihak sekolah ke pihak komite, saya tidak tahu ini inisiatif siapa” tutupnya.

(red-team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *