Mengejutkan, Khotbah Jumat Dipimpin Oleh Wanita Di Ponpes AL-ZAYTUN, Begini Faktanya ?

 

SUKABUMI,JURNALNETWORK.ID – Sebuah video yang diklaim seorang wanita menjadi khatib saat salat Jumat di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu channel YouTube.

Dilansir dari Cekfakta.com, berdasarkan hasil penelusuran, dengan memasukkan kata kunci “wanita jadi khatib sholat” di kolom pencarian situs berbagi video YouTube, terdapat video klarifikasi terkait video wanita yang diklaim menjadi khatib salat Jumat tersebut.

Video itu berjudul “KLARIFIKASI Video Wanita Jadi Khatib Sholat Ied! Awas, Begini Penjelasannya!” yang dimuat channel YouTube Arek Pati pada 29 April 2023. “Video mengundang beragam pro dan kontra dari netizen. Lantas jadi Pertanyaan apakah ada kaitannya dengan Al zaytun? Maka di video ini kami luruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman Dimata Masyakat. Setelah kami telusuri rupanya lokasinya di Masjid Agung Baitul Hikmah, Kalimantan Timur.

Wanita tersebut rupanya tidak memberikan khotbah melainkan hanya memberikan sambutan Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas bersama Forkopimda Berau menunaikan salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, di Masjid Agung Baitul Hikmah, Sabtu, 22 April 2023.

Baca Juga :  Babinkamtibmas Polsek Cisaat Hadiri Kegiatan Pembagian Intensif Rt dan Rw Desa Padaasih

Sementara itu melansir dari kaltimtoday.co, video Bupati Berau Sri Juniarsih Mas saat memberikan sambutan pada lebaran Idulfitri 1444 H lalu viral di media sosial. Video singkat itu menjadi buah bibir di kalangan masyarakat karena si pengunggah menulis caption yang tidak sesuai dengan kebenarannya atau menyebarkan hoaks.

Video yang diklaim seorang wanita menjadi khatib saat salat Jumat di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, ternyata tidak benar. Faktanya, wanita dalam video bukan sedang memberikan khotbah Salat Jumat di Ponpres Al Zaytun. Video itu merupakan kegiatan Bupati Berau Sri Juniarsih saat memberikan pidato sambutan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Agung Baitul Hikmah, Berau, Kalimantan Timur. Informasi ini adalah jenis kategori False Context.

Sumber : Jabar Saber Hoaks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *