Menikmati Kelezatan Kuliner Tradisional Khas Sukabumi

Rengginang (gambar:pinterest)

SUKABUMI, JURNALNETWORK.ID – Kabupaten Sukabumi adalah salah satu destinasi wisata kuliner yang menawarkan beragam hidangan khas yang menggugah selera. Terletak di provinsi Jawa Barat, daerah ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam dengan cita rasa yang khas dan unik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa hidangan khas Kabupaten Sukabumi yang wajib Anda coba. Mari kita lihat lebih dekat!

1. Sate Maranggi: Delikatesa Daging Panggang Khas Sukabumi

Salah satu kuliner khas Sukabumi yang paling terkenal adalah Sate Maranggi. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu khusus, kemudian dipanggang hingga matang sempurna. Sate Maranggi memiliki cita rasa yang gurih dan dagingnya sangat empuk. Biasanya, sate ini disajikan dengan nasi dan sambal khas Sukabumi.

2. Nasi Liwet: Kelezatan Nasi Tradisional dengan Lauk-Lauk Lezat

Nasi Liwet adalah hidangan nasi tradisional yang terkenal di Kabupaten Sukabumi. Nasi ini dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan rempah-rempah pilihan sehingga memiliki aroma yang harum dan cita rasa yang khas. Biasanya, Nasi Liwet disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, ikan asin, teri, dan sayuran.

3. Gepuk: Potongan Daging Sapi yang Empuk dengan Rempah Khas

Gepuk adalah hidangan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Sukabumi. Daging sapi direndam dalam bumbu rempah kemudian dimasak hingga empuk dan bumbunya meresap. Gepuk memiliki rasa yang gurih dan tekstur daging yang lembut. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan lalapan.

4. Mie Ongklok: Mie Kuah Kental yang Menggoda Selera

Mie Ongklok adalah hidangan mie khas Kabupaten Sukabumi yang terbuat dari tepung terigu berkualitas tinggi. Mie ini disajikan dengan kuah kental yang gurih, irisan daging sapi, dan sayuran segar. Mie Ongklok memiliki tekstur mie yang kenyal dan kuah yang lezat. Rasanya yang khas membuat hidangan ini menjadi favorit di Kabupaten Sukabumi.

5. Dodol Garut: Permen Khas dengan Rasa Manis yang Menggigit

Dodol Garut adalah makanan manis yang terbuat dari bahan dasar kelapa atau ketan yang dikombinasikan dengan gula kelapa. Dodol ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang khas. Dodol Garut sering dijadikan oleh-oleh khas Kabupaten Sukabumi dan menjadi camilan favorit di sana.

Baca Juga :  Modal Awal Rp 50 Ribu Kini Omset Capai Puluhan Juta, Kisah Sukses Pengusaha Bawang Goreng Tujuh Sukabumi

6. Rengginang: Camilan Renyah Berbumbu dengan Variasi Rasa

Rengginang adalah camilan kering yang terbuat dari beras ketan yang dipanggang dan dibumbui dengan rempah-rempah. Camilan ini memiliki tekstur renyah dan gurih dengan variasi rasa yang beragam, seperti original, pedas, manis, atau asin. Rengginang menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati saat santai atau sebagai oleh-oleh.

7. Bandros: Roti Panggang Manis dengan Taburan Keju

Bandros adalah roti panggang manis yang berasal dari Kabupaten Sukabumi. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Biasanya, bandros disajikan dengan taburan keju parut di atasnya. Rasanya yang lezat membuat bandros menjadi camilan yang populer di Sukabumi.

8. Bubur Ayam Sukabumi: Bubur Ayam dengan Kuah Gurih dan Banyak Topping

Bubur Ayam Sukabumi adalah hidangan bubur ayam dengan kuah gurih dan banyak topping. Bubur ayam ini terbuat dari beras yang dimasak dengan kaldu ayam hingga lembut. Biasanya, bubur ayam disajikan dengan daging ayam suwir, daun bawang, bawang goreng, dan taburan kerupuk. Rasanya yang enak dan hangat membuat bubur ayam ini menjadi hidangan sarapan atau makan malam yang populer.

9. Keripik Tempe: Camilan Kering dengan Rasa Tempe yang Menggugah Selera

Keripik Tempe adalah camilan kering yang terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Keripik ini memiliki rasa gurih dan renyah dengan aroma tempe yang khas. Keripik Tempe Sukabumi sering menjadi pilihan camilan ringan yang nikmat dan sehat.

10. Serabi Notosuman: Pancake Khas dengan Siraman Gula Aren

Serabi Notosuman adalah sejenis pancake khas yang berasal dari Kabupaten Sukabumi. Serabi ini terbuat dari adonan tepung beras dan santan yang dipanggang hingga matang. Serabi Notosuman biasanya disajikan dengan siraman gula aren yang manis dan taburan kelapa parut. Rasanya yang lezat membuat serabi ini menjadi hidangan penutup yang populer di daerah tersebut.

Baca Juga :  Es Sari Tebu yang Segar dan Menyehatkan, Jangan Sampai Tidak Mampir Kalau Lewat Pasar Cibadak Sukabumi

11. Es Krim Sukabumi: Nikmatnya Es Krim Buatan Lokal

Es Krim Sukabumi adalah es krim buatan lokal yang memiliki beragam varian rasa yang lezat. Mulai dari rasa cokelat, stroberi, vanila, pisang, hingga rasa unik seperti durian atau alpukat. Es krim ini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan proses pembuatan yang terjamin kelezatannya. Es krim Sukabumi sangat cocok dinikmati sebagai penyejuk di tengah cuaca yang panas.

12. Klepon: Manisnya Kue Berinti Gula Aren

Klepon adalah kue tradisional yang terbuat dari adonan ketan yang dibentuk bulat dan berinti gula aren cair. Kue ini dibalut dengan kelapa parut yang membuatnya semakin nikmat. Klepon memiliki rasa manis dan tekstur kenyal yang lezat. Kue ini sering ditemui di pasar tradisional atau warung makan di Kabupaten Sukabumi.

13. Sop Ikan Sukabumi: Sop Segar dengan Aneka Jenis Ikan

Sop Ikan Sukabumi adalah hidangan sup yang terbuat dari berbagai jenis ikan segar. Ikan-ikan tersebut dimasak dengan bumbu rempah khas Sukabumi hingga menghasilkan kuah yang gurih dan segar. Biasanya, sop ikan disajikan dengan potongan tomat, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Rasanya yang lezat dan kandungan gizinya membuat sop ikan menjadi hidangan yang populer di daerah ini.

14. Soto Ayam Sukabumi: Soto dengan Kuah Gurih dan Aroma Harum

Soto Ayam Sukabumi adalah hidangan soto ayam dengan kuah gurih dan aroma harum yang khas. Soto ayam ini terbuat dari rebusan ayam dengan bumbu rempah yang dihasilkan kuah yang kaya rasa. Biasanya, soto ayam disajikan dengan potongan ayam, mie, tauge, daun seledri, dan kerupuk. Rasanya yang lezat dan hangat membuat soto ayam menjadi hidangan favorit di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Jenis Kuliner Khas Sukabumi

15. Sop Konro: Sop Daging Iga yang Menggoyang Lidah

Sop Konro adalah hidangan sop daging iga yang menggoyang lidah. Daging iga dimasak dalam kuah yang kaya rempah dengan tambahan bawang goreng dan daun seledri. Kuah sop yang gurih dan daging iga yang empuk membuat hidangan ini sangat menggugah selera. Sop Konro biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Kabupaten Sukabumi adalah tempat yang kaya akan kuliner khas yang menggugah selera. Dari Sate Maranggi yang gurih hingga Dodol Garut yang manis, setiap hidangan memberikan pengalaman kuliner yang unik. Jangan lupa mencoba Nasi Liwet, Mie Ongklok, dan Serabi Notosuman yang menjadi ikon kuliner daerah ini. Selamat menikmati kelezatan kuliner tradisional Kabupaten Sukabumi!

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apa makanan khas yang harus dicoba di Kabupaten Sukabumi? Beberapa makanan khas yang harus Anda coba di Kabupaten Sukabumi antara lain Sate Maranggi, Nasi Liwet, Gepuk, dan Mie Ongklok.

2. Apa camilan khas yang dapat dijadikan oleh-oleh dari Kabupaten Sukabumi? Anda dapat mencoba Keripik Tempe, Rengginang, dan Dodol Garut sebagai camilan khas yang cocok dijadikan oleh-oleh dari Kabupaten Sukabumi.

3. Apa hidangan penutup khas Sukabumi yang direkomendasikan? Serabi Notosuman dan Klepon adalah hidangan penutup khas Sukabumi yang sangat direkomendasikan untuk dicoba.

4. Apakah ada hidangan sup yang terkenal di Kabupaten Sukabumi? Ya, Sop Ikan Sukabumi dan Soto Ayam Sukabumi adalah hidangan sup yang terkenal di Kabupaten Sukabumi.

5. Apa hidangan daging yang wajib dicicipi di Sukabumi? Sop Konro adalah hidangan daging iga yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi di Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *