Berita  

Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Perbatasan, Satgas Yonif 310/KK Turun Gunung Berikan Pengobatan Gratis

Sukabumi.jurnalnetwok.com – Sebagai salah satu upaya untuk menjaga kondisi kesehatan masyarakat, Pos Oksibil Satgas Yonif 310/KK berikan pengobatan gratis kepada warga perbatasan di Kampung Imik, Distrik Kalomdol-Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin (22/1/2023).

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan.

“Kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini rutin kami lakukan guna membantu masyarakat dalam penyediaan sarana dan prasarana pengobatan, sehingga meringankan beban masyarakat dengan segala keterbatasan yang mereka hadapi,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan, bahwa pelayanan kesehatan yang dilakukan adalah wujud nyata dan perhatian Satgas Yonif 310/KK terhadap kondisi masyarakat terutama di bidang kesehatan.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian kami terhadap kesehatan warga di perbatasan, dan juga sebagai salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kepada warga,” tutur Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Baca Juga :  Berantas peredaran miras,polsek cisaat resor sukabumi kota gelar razia miras

“Semoga dengan adanya pelayanan kesehatan secara gratis dari rumah ke rumah yang kami lakukan ini, dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang berada di perbatasan dapat selalu terjaga,” harap Dansatgas.

Dijelaskan pula, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danpos Oksibil Lettu Inf Suprayitno beserta Tim Kesehatan Satgas. Sebanyak 40 warga telah mereka lakukan pengecekan kondisi kesehatannya dan dilakukan penanganan serta pengobatan terhadap warga yang kondisinya sedang sakit. Didapati rata-rata keluhan warga seperti nyeri dada dan punggung, batuk dan sesak napas.

Disisi lain, Okto (58) selaku Kepala Kampung Imik mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK atas kepedulian yang ditunjukan terhadap warga di kampungnya.

“Tempat tinggal kami jauh dari rumah sakit, sehingga warga terkadang tidak berobat untuk mengobati sakitnya, terima kasih bapak TNI yang sudah berjalan jauh hanya untuk beri kami pengobatan,” ucap Okto.

 

Reporter : Juliansyah
Editor : Arf,s

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *