Usai Melaksanakan Tugas, Petugas KPPS Akan Liburan ke Luar Negeri, ini Faktanya?

 

SUKABUMI.JURNALNETWORK.ID – Beredar sebuah video yang menampilkan sebuah kapal yang diklaim sebagai fasilitas yang akan diberikan pemerintah kepada petugas KPPS. Hal itu dilakukan untuk KPPS menikmati liburan setelah menjalankan tugasnya dalam pelaksanaan pemilu.

 

CEK FAKTA:

Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa petugas KPPS akan diajak berlibur ke luar negeri menggunakan kapal pesiar adalah keliru. Tidak ditemukan informasi mengenai fasilitas liburan yang akan diberikan kepada petugas KPPS.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sendiri merupakan salah satu badan adhoc KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Dalam menjalankan tugasnya, setiap anggota KPPS diberikan beberapa fasilitas dari negara.

Salah satunya adalah honor atau gaji. Dilansir dari laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, gaji anggota dan ketua KPPS pada pemilu 2024 mengalami kenaikan.

Di tahun ini gaji ketua KPPU 2024 mencapai angka Rp1,2 juta. Sementara untuk anggota mencapai angka Rp1,1 juta.

Petugas KPPS juga akan mendapatkan tunjangan pulsa untuk kebutuhan komunikasi serta perlindungan. Selain itu, ada juga satuan biaya perlindungan untuk melindungi para petugas badan ad hoc Pemilu 2024, termasuk KPPS.

Baca Juga :  Aparat Gabungan Bersama Warga Evakuasi Material Banjir Bandang Di Sukabumi

 

KESIMPULAN:

Tidak ditemukan adanya informasi terkait fasilitas berupa liburan ke luar negeri menggunakan kapal pesiar yang akan diberikan kepada petugas KPPS Pemilu 2024.

Sumber : Jabar Saber Hoaks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *