VIDEO GUNUNG TANGKUBAN PERAHU ERUPSI, CEK FAKTANYA…?

 

SUKABUMI.JURNALNETWORK.ID – Beredar di whatsapp video yang yang diklaim bahwa Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada hari ini Rabu, 7 Desember 2023.

Setelah ditelusuri ternyata video yang beredar itu merupakan video kejadian erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada 4 tahun lalu tepatnya periode Juli 2019.

Dilansir dari akun youtube kompastv, Gunung Tangkuban Parahu erupsi pada Jumat, 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB. Tinggi kolom abu yang teramati kurang lebih 200 meter dari atas puncak.

Selain itu, dikutip dari PRFM, berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, status Tangkuban Parahu masih dalam Level I atau normal.

Karena itu, PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu tetap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tangkuban Parahu, tetap memperhatikan perkembangan kegiatan Gunung Tangkuban Parahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.

Bahwa kabar Gunung Tangkuban Parahu Erupsi hari ini merupakan kabar yang keliru sebab video yang beredar merupakan video Tangkuban Parahu erupsi pada 2019 silam, bukan video hari ini.

Baca Juga :  Anggota DPRD Komisi ll Dari Fraksi Gerinda, Teddy Setiadi Hadir Dalam Acara Peringatan ISRA MI'RAJ Di Majelis Rasulullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *